Widget HTML Atas

 

CONTOH ATP IPAS (ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN) KELAS IV SD

 IDENTITAS

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN



ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN IPAS



Karakteristik Mata Pelajaran

Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan juga senantiasa mengalami perkembangan. Apa yang kita ketahui sebagai sebuah kebenaran ilmiah di masa lampau boleh jadi mengalami pergeseran di masa kini maupun masa depan. Itu sebabnya ilmu pengetahuan bersifat dinamis dan merupakan sebuah upaya terus menerus yang dilakukan oleh manusia untuk mengungkap kebenaran dan memanfaatkannya untuk kehidupan (Sammel, 2014). Daya dukung alam dalam memenuhi kebutuhan manusia dari waktu ke waktu juga semakin berkurang. Pertambahan populasi manusia yang terjadi secara eksponensial juga memicu banyaknya permasalahan yang dihadapi. Seringkali permasalahan yang muncul tidak dapat diselesaikan dengan melihat dari satu sudut pandang: keilmuan alam atau dari sudut pandang ilmu sosial saja, melainkan dibutuhkan pendekatan yang lebih holistik yang meliputi berbagai lintas disiplin ilmu (Yanitsky, 2017). Untuk memberikan pemahaman ini kepada peserta didik, pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial perlu dipadukan menjadi satu kesatuan yang kemudian kita sebut dengan istilah IPAS. Dalam pembelajaran IPAS, ada 2 elemen utama yakni pemahaman IPAS (sains dan sosial), dan keterampilan Proses.



Capaian Pembelajaran

Pada Fase B, peserta didik mengidentifikasi keterkaitan antara pengetahuan-pengetahuan yang baru saja diperoleh serta mencari tahu bagaimana konsep-konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial berkaitan satu sama lain yang ada di lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari ditunjukkan dengan menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya peserta didik mengusulkan ide/menalar, melakukan investigasi/ penyelidikan/ percobaan, mengomunikasikan, menyimpulkan, merefleksikan, mengaplikasikan dan melakukan tindak lanjut dari proses inkuiri yang sudah dilakukannya.









Tahapan ini dicantumkan setelah tabel Alur Tujuan Pembelajaran.

Form tabel di atas belum lengkap,
Jika berminat Filenya secara lengkap, wajib add IG atau Tiktok TIMEDUKASI
atau Kontak GMAIL



Tahapan bisa 4 tahap dan setiap mata pelajaran memiliki form yang berbeda. Contoh mapel Bahasa Indonesia di bagian Elemen akan berbeda dengan mapel IPA.

Dapatkan juga penjelasan mengenai CP, TP, ATP dengan keterkaitannya dengan Tahap di ATP dan TP.